Peningkatan Mutu UNW Mataram melaui Audit Mutu Internal (AMI)

Peningkatan Mutu UNW Mataram melaui Audit Mutu Internal (AMI)

Mutu merupakan suatu kewajiban yang dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi agar mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi ternama, berdasarkan UU no 12 tahun 2012 yang mengharuskan meningkatkan mutu sesuai dengan perkembangan zaman.

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan proses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan peningkatan mutu secara terus menerus, sesuai dengan penggunaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dimana tahapannya menggunakan siklus PPEPP (Perencanaan – Pelaksanaan – evaluasi  – Pengendalian – Peningkatan), maka sejatinya perlu diadakannya perencanaan yang terstandarisasi.

AMI harus dilaksanakan dengan memperhatikan nilai nilai etika, profesionalitas, dan ketidakberpihakan. Harus dipahami bagi Perguruan Tinggi, auditor dan auditee, bahwa AMI adalah untuk memberi masukan perbaikan, bukan mencari kesalahan, sehingga tidak perlu terjadi masalah yang akan nemperkeruh kondisi di tempat kerja.

UNW Mataram secara aktif meningkatakan Mutu Pendidikan yang diawali dengan Workshop Sistem Peningkatan Mutu Internal yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNW Mataram, dilanjutkan dengan Audit Mutu Internal (AMI) untuk menjaring Auditor-auditor berkompeten sehingga terciptanya peningkatan mutu di kampus UNW Mataram.

Workshop yang dibuka oleh Rektor UNW Mataram – Dr. H. Lalu Abdul Muhyi Abidin, MA. mengingatkan pentingnya meningkatkan mutu Pendidikan sesuai dengan zaman agar mampu meningkatkan mutu di segala lini.

Terdapat dua sesi pada Workshop Audit Mutu Internal yaitu pemaparan materi dari fasilitator SPMI / AMI oleh Dr. Ir. Nyoman Utari Vipriyanti, M.Si. dari Universitas Mahasaraswati Denpasar dan Ida Bagus Kawi Adnyana, SE dari Lembaga Layanan Pendidikan Dikti (LLDIKTI) Wilayah 8 yang memaparkan materi SPMI dan materi AMI yang diselenggarakan di Ballroom Santika Hotel pada Jum’at (01/10/21).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *