Inspirasi Guru Kecil


  • 28 April 2018
  • Marham Jupri Hadi, S.Pd, M.Ed

Anak anak memang beda dengan orang tua. Dua pengalaman langsung mengamati mereka membuat saya terkagum atas keberanian mereka, terutama sikap mereka terhadap satu permasalahan.

Dalam sebuah perjalanan laut dengan speed boat ke pulau Moro, Riau, boat kami diterjang ombak besar. Para penampung ketakutan mungkin khawatir speed tersebut akan terbalik. Anehnya, beberapa anak kecil di boat itu tersebut justru bereaksi sebaliknya. Mereka malahan tertawa sambil menikmati terjangan ombak..... semakin keras ombak mengguncang boat kami semakin mereka tertawa riang. Tidak tampak expressi takut dari raut wajah mereka. Sayapun tenggelam dalam kekaguman terhadap sikap mereka dalam situasi menegangkan seperti itu.

Di tempat lain saya sempat memperhatikan segerombolan anak kecik sedang berlari sambil berteriak menyerbu kepulan asap yang disemburkan oleh mesin pembasmi nyamuk. Mereka terus mengikuti kemanapun si petugas anti nyamuk itu berpindah. Di tempat yang sama tampak juga orang orang dewasa yang justru menghindar sambil menutup hidung mereka dengan masker.

Meskipun kemampuan berpikir mereka belum sematang orang dewasa, tetapi sikap mereka dalam menghadapi suasana tegang dan masalah layak untuk dijadikan sebuah pelajaran. Keberanian dan kejujuran mereka untuk mengungkapkan keinginan serta pendapat mereka juga pantas untuk diteladani.