Bulan Bahasa Fakultas Sastra UNW Mataram

Bulan Bahasa Fakultas Sastra UNW Mataram

Dalam mengisi bulan Bahasa, Fakultas Sastra Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram menggelar Seminar dan sejumlah lomba, yang berlangsung di Kampus UNW Mataram, sejak Senin hingga Rabu (26-28 Oktober 2020).

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FKIP UNW Mataram, Hj Lale Yaqutunnafis mewakili Rektor UNW Mataram, Dr TGH Lalu Abdul Muhyi Andin, MA, yang kebetulan berhalangan hadir. Dalam kesempatan tersebut, Lale Yaqutunnafis sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang digelar Fakultas Sastra UNW Mataram.

Acara tersebut diawali dengan kegiatan Tearikal Budaya Sasak dari sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam BEM Fakultas Sastra, pembacaan Lontar Sasak Puspakrama sebagai bagian dari rangkaian pra acara dalam seminar tersebut.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada sejumlah narasumber, di antaranya; Prof Dr TGH Fahrurozi Dahlan, Prof Dr H Agil Alydrus, M.Si; Kepala Ajenrem 162/WB, Letkol Dr I.N. Astawa, M.Si, M.Phil, dan Wakapolresta Mataram, AKBP Erwin Suwondo. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Sastra UNW Mataram, Dr Ahmad Turmudzi, SS, M.Pd. Penghargaan ini dalam rangka Seminar Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2020 dengan Semianar Kebahasaan dan Kesusastraan, yang mana seminar tersebut mengangkat tema ‘’Peran Bahasa sebagai Pemersatu Bangsa’’.

Narasumber pertama, Prof Dr TGH Fahrurazi Dahlan, MA menyampaikan hal penting terkait kiprah pendiri NW dalam membangun dan mencerdasakan bangsa, sehingga sang pendiri Almagfurullah Maulana Syaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid diberikan penghargaan sebagai pahlawan nasional.

Narasumber kedua, Kepala Ajenrem 162/WB, Letkol Dr I.N. Astawa, M.Si, M.Phil yang sebelumnya merupakan dosen Universitas Pertahan RI menjelaskan tentang Pancasila selalu relevan dengan keadaan zaman. Selanjutnya narasumber ketiga, Prof Dr H Agil Alydrus, M.Si menyampaikan pentingnya melakukan riset secara khusus terkait karya-karya Almagfurullah Maulana Syaikh. Bukan saja yang menyangkut dalam hal keagaamaan, namun semua aspek termasuk sosial dan pendidikan.

Dekan Fakultas Sastra UNW Mataram, Dr Ahmad Turmudzi, SS. M.Pd saat dikonfirmasi menyatakan bahwa dalam situasi Pandemi Covid-19, harus berhati-hati dengan tetap menjaga protokol kesehatan. ‘’Meski kita masih dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, namun kita tidak boleh berhenti untuk berkreasi dan berprestasi,’’ kata Bang Ajie, demikian Dekan Fakultas Sastra UNW Mataram ini biasa disapa.

Dekan yang baru menjabat sekitar 5 bulan ini menjelaskan pentingnya soliditas seluruh dalam internal Fakultas Sastra antara dosen dan mahasiwa, sehingga tercipta nuansa akademik yang professional. Di samping itu, solidaritas di luar Fakultas Sastra, juga harus dilakukan untuk meningkatkan kemitraan dan relasi  bagi Fakultas Sastra.

Wujud dari sinergitas tersebut, lanjut Bang Ajie, telah dibuktikan dengan pemberian penghargaan berupa sertifikat atau piagam penghargaan terhadap narasumber, Kapolresta Mataram, dan sejumlah mitra kerja yang telah membantu kelancaran acara mahabbah Bulan Bahasa dan Sastra, seperti Smartfren, Gren Hero, dan lainnya.(Sid)

 

Sumber : https://lomboktoday.co.id/2020/10/26/isi-bulan-bahasa-fakultas-sastra-unw-mataram-gelar-seminar-dan-sejumlah-lomba-1905.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *